Sunday, January 27, 2019

Penyebab dan cara mengatasi demam berdarah

Demam berdarah (DBD) adalah salah satu penyakit menular yang disebabkan oleh virus dangue yang dibawa oleh nyamuk. Dulu demam berdarah didsebut sebagai penyakit “break-bone” karena terkadang menyebabkan nyeri otot dan sendi di mana tulang terasa retak. Demam berdarah ringan biasanya menyebabkan demam tinggi, nyeri otot dan sendi, ruam. Demam berdarah tinggi atau yang biasa disebut dengan hemorrhagic faver bisa menyebabkan menurunnya tekanan darah secara tiba-tiba, pendarahan serius, dan kematian. 

Ribuan kasus infeksi DBD terjadi si setiap tahunnya di seluruh dunia. Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dan tidak mengenal usia. Demam berdarah sering dijumpai selama musim hujan dan setelah musim hujan di area tropis dan subtropis. 



Tanda-tanda & gejala 

Demam berdarah dibagi menjadi 3 jenis yaitu demam berdarah klasik, demam berdarah dengue shock syndrome, dangue hemorrhagic faver. Masing masing mempunyai gegala yang berbeda-beda. 

Gejala demam berdarah klasik 

Gejala demam berdarah klasik ini biasanya diawali dengan demam kurang lebih selama 4-7 hari setelah digigit oleh nyamuk yang terinfeksi. 

· Demam tinggi kurang lebih 40 derajat C 

· Sakit kepala 

· Nyeri otot dan sendi 

· Nyeri pada bagian retro-orbital 

· Ruam 

· Mual dan muntah 

Gejala dangue hemorrhagic faver 

Gejala dangue hemorrhagic faver sama seperti gejala demam berdarah klasik ditambah dengan. 

· Kerusakan pada pembuluh darah dan getah bening 

· Pendarahan dari gusi, hidung, atau bawah kulit yang akan menyebabkan memer yang berwarna keunguan. 

Gejala dangue shock syndrome 

Dangue shock syndrome adalah jenis penyakit dangue yang paling parah dibanding dengan dangue klasik dan dangue hemorrhagic faver. Gejalanya sama seperti dangue klasik dan dangue hemorrhagic faver ditambah. 

· Pendarahan yang parah 

· Kebocoran di luar pembuluh darah 

· Tekanan darah yang sangat rendah. 

Penyebab demam berdarah dangue 

Demam berdarah (DBD) yang disebabkan oleh virus yang disebarkan oleh gigitan nyamuk. Terdapat 4 virus dangue yaitu virus DEN 1, virus DEN 2, virus DEN 3, virus DEN 4. Nyamuk yang berasal dari keluarga tertentu yaitu aedes aegypyi atau aedes bisa membawa virus untuk menginfeksi darah manusi dengan cara gigitan dan mentransfer darah terinfeksi ke orang lain. Apabila anda pulih dari demam berdarah, imunitas anda akan terbentuk namun hingga strain tertentu. 

Cara pengobatan demam berdarah dangue 

Tidak ada penanganan spesifik untuk pasien yang terkena demam berdarah , kebanyakan mereka akan pilih dalam waktu 2 minggu. Sangat penting untuk menangani gejala-gejala supaya terhindar dari komplikasi. Biasanya doktr akan menyarankan pilihan pengobatan beriku: 

1. Istirahan yang cukup 

2. Banyak minum air putih 

3. Minum obat penurun demam, paracetamol dapat mengurangi rasa sakit dan demam. 

4. Hindari penghilang rasa sakit yang bisa meningkatkan komplikasi seperti ibuprofen, aspirin, naproxen sodium 

No comments:

Post a Comment

Tentang Mis Informasi

Mis Informasi merupakan blog yang dibuat agar bisa menambah pengetahuan khususnya untuk penulis dan umumnya untuk orang yang membaca tulisan - tulisan di blog ini.