Monday, August 20, 2018

Inilah Beberapa Jenis Makanan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Peningkatan kadar gula darah pada penderita diabtes dapat berisiko menimbulkan dampak pada kesehatan, seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, gagal ginjal, penyakit jantung, masalah pada mata, lebih rentan terkena infeksi dan luka, bahkan kehilangan kesadaran atau koma. Pada penderita diabetes harus mengonsumsi makanan yang bergizi yang rendah lemak dan kalori,agar gula darah tetap kontrol. 

Makanan yang baik untuk penderita diabetes


1. Buah bit

Buah bit merupakan umbi tanaman bit yang memiliki ciri-ciri berwarna ungu matang yang sangat kuat atau mencolok. Buah bit adalah salah satu buah yang banyak kandungan sehat dan bermanfaat untuk penderita penyakit diabetes. Buah bit mengandung alpha-lipoic acaid, yang telah terbukti menurunkan gula darah dalam tubuh, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres yang disebabkan perubahan metabolisme pada pasien diabetes. 

Buah bit bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit hipertensi. Kandungan nitrat pada buah bit berperan dalam mengobati penyakit tekanan darah. Jadi buah bit selain bagus untuk penderita diabetes juga untuk menyembuhkan penyakit hipertensi.


2. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kubis sangat bergizi dan rendah kalori. Sayuran hijau juga mudah dicerna dan meningkatkan kadar gula darah. Selain itu sayuran hijau merupakan sumber vitamin C yang dapat mengurangi penanda inflamasi.

3. Telur
Telur juga bisa membuat anda kenyang tahan lama. Hal tersebut sangat cocok untuk penderita diabetes yang sedang menjalani ibadah puasa. Telur juga mampu meningkatkan sensivitas insulin, meningkatkan kadar kolestrol baik (HDL) dan mengubah ukuran bentuk kolestrol jahat (LDL).

4. Stroberi

Stroberi yang mengandung antioksidan tinggi juga dikenal sebagai anthocyanin. Anthocyanin juga terbukti mengurangi kadar kolestrol dan insulin setelah makan. Satu porsi stroberi mengandung 49 kalori dan 11 gram karbohidrat.

5. Kayu manis

Kayu manis merupaka salah satu rempah-rempah yang lezat dengan aktivitas antioksidan yang kuat. Bebrapa penelitian juga menujukan bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan dapat meningkatkan sensivitas insulin.

No comments:

Post a Comment

Tentang Mis Informasi

Mis Informasi merupakan blog yang dibuat agar bisa menambah pengetahuan khususnya untuk penulis dan umumnya untuk orang yang membaca tulisan - tulisan di blog ini.