Monday, August 20, 2018

Mengenal Pengertian Dan Fungsi Alat Suction Pump

Suction pump mungkin adalah istilah yang asing bagi pembaca, istilah ini memang asing namun tidak ada salahnya jika kita mencari informasi untuk sekedar menambah wawasan. Suction pump adalah salah satu contoh alat kesehatan yang dipakai di rumah sakit.



Alat kesehatan memiliki beragam jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Alat kesehatan dapat diartikan sebagai apparatus, instrument, mesin atau implant yang berfungsi untuk mencegah, mendiagnosis, dan meringankan penyakit, menyembuhkan penyakit dan merawat kesehatan pada manusia dan untuk memperbaiki struktur jaringan tubuh. Atau jika disambungkan dengan fungsi suction pump alat ini masuk dalam kategori alat untuk meringankan dan menyembuhkan penyakit serta memperbaiki struktur tubuh.

Pengertian Suction Pump


Suction Pump adalah sebuah alat kesehatan yang berfungsi untuk mengeluarkan cairan dari dalam tubuh manusia dengan cara di sedot atau di hisap. Alat ini umumnya terdiri dari beberapa bagian diantaranya mesin, selang penyedot dan tabung. Suction pump banya dipakai di klinik atau Rumah Sakit untuk berbagai keperluan kesehatan seperti saat operasi, untuk penanganan pasien gangguan pernapasan yang diakibatkan oleh lendir dan lainnya.

Suction pump biasnya terdapat dua jenis yaitu portable dan jenis unit yang besar. Harga suction pump portable lebih murah daripada alat suction pump yang besar karena spesifikasi yang berbeda dari jenis suction pump. 

Fungsi Suction Pump


Tadi sudah dijelaskan sekilas tentang manfaat atau fungsi suction pump. Fungsi suction pump yang jelas dan terutama yaitu untuk membantu mengeluarkan cairan yang ada di dalam tubuh pasien yang tidak berfungsi bahkan yang dapat membahayakan tubuh atau kesehatan pasien. Beberapa contoh cairan yang tidak berfungsi dan dapat membahayakan yaitu seperti cairan di dalam paru – paru, 

lendir yang ada di dalam tenggorokan bagi yang memiliki masalah pada pernapasan, dan cairan yang ada di usus atau lambung. Suction pump juga biasa digunakan pada saat operasi yang digunakan untuk menghisap cairan darah yang keluar dan juga ketika pasca operasi terkadang masih mengeluarkan darah.

No comments:

Post a Comment

Tentang Mis Informasi

Mis Informasi merupakan blog yang dibuat agar bisa menambah pengetahuan khususnya untuk penulis dan umumnya untuk orang yang membaca tulisan - tulisan di blog ini.