Tuesday, February 5, 2019

3 manfaat daun papermint untuk kesehatan

Daun papermint terkenal manfaatnya karena dapat mencegah bau nafas yang tidak sedap dan dapat menyegarkan mulut. Tidak heran jika anda sering menemukan produk obat kumur, pasta gigi, permen karet dengan rasa papermint. Namun khasiat daun persilangan watermint dan spearmint ini tidak hanya itu saja. Baik dalam versi daun segar suplement herbal, ataupun minyak esensialnya, papermint masih menyimpan banyak sekali manfat ubtuk kesehatan. Apa saja manfaat permamint? Berikut manfaat daun permamint untuk kesehatan: 


1. Meredakan gangguan pencernaan 

Papermint bisa membantu memperbaiki masalah pencernaan, terutama irritable bowel syndrome (IBS). IBS yaitu gangguan usus yang dapat menyebabkan kram perut, perut kembung dan BAB tidak teratur. Studi terbaru yang dimuat pada jurnal digestive diseases and sceinces menunjukan bahwa suplement herbal yang mengandung minyak papermint mampu meredakan gejala IBS yang kambuh. Pepaermint mangaktifkan saluran anti nyeri pada usus besar, yang dapt mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh peradangan usus. 

Manfaat pepermint lainya untuk pencernaan yaitu meredakan mual, termasuk gejala morning sickness saat hamil. Menurut university of maryland medikal center (UMM), papermint dapat memperbaiki aliran empedu, menengkan otot perut, yang digunakan oleh tubuh untuk mencerna lemak.. 

2. Meredakan gatal akibat gigitan serangga 

Daun pepermint bersifat sangat menyejukan dan dingin. Maka minyak esensial pepermint dapat digunakan untuk meredakan gatal-gatal kulit akibat gigitan serangga dan iritasi iritasi kemerahan. Cukup dengan mengoleskan minyak papermint yang sebelumnya sudah diencerkan tepat pada kulit yang bentol kemerahan. Tunggu beberapa saat hingga efek dinginya meredakan masalah kulit anda. 

3. Meredakan flu dan pilek 

Papermint ini mengandung mentol yang dapat membuat saluran hidung terasa lebih lega. Meskipun tidak bener-benar bersifat dekongestan untuk mengencerkan ingus yang menyumbat hidung. Papermint akan merangsang reseptor sensorik di hidung yang akan mendeteksi suhu dingin sehingga anda merasa seolah-olah anda lebih bebas bernafas. 

Manfaat papermint untuk pernafasan juga dapat meredakan hidung yang tersumbat pilek/ batuk-batuk akibat alergi debu. Anda bisa menghirup minyak aromaterapy papermint, menghirup papermint, menggosokan balsen yang banyak mengandung papermint di dada dan sekitar hidung untuk meredakan gejalanya. 

No comments:

Post a Comment

Tentang Mis Informasi

Mis Informasi merupakan blog yang dibuat agar bisa menambah pengetahuan khususnya untuk penulis dan umumnya untuk orang yang membaca tulisan - tulisan di blog ini.