Friday, January 18, 2019

Manfaat kumis kucing yang wajib anda ketahui




Kumis kucing atau yang biasa kita sebut dengan nama latin Orthosipon stamineus. Kumis kucing sering diolah secara sederhana, yaitu air rebusan daun kumis kucing ini sering digunakan sebagai obat herbal alami. Keuntungan yang didapat menggunakan obat herbal selain harganya yang lebih murah yaitu tidak menimbulkan efek samping. 

Selain khasiatnya yang luar biasa, tanaman kumis kucing ini mempunyai berbagai kandungan senyawa aktif yang sudah terbukti bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Kandungan senyawa yaitu Kalium, Alkaloid, Mioinositol, Flavonoid, Sinensetin, Zat samak, Sapofonin, Minyak atsiri, Saponin. Senyawa tersebut dapat mengobati berbagai macam penyakit antara lain:

1. Mengobati batu ginjal 

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang berpurin tinggi dan kurang minum air putih dapat menyebabkan terbentuknya endapan batu pada oragan ginjal. Batu tersebut dapat menghambat fungsi ginjal dan dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Untuk bisa menghancurkan batu dan meluruhkan bersama urin minumlah air rebusan kumis kucing ini. 

2. Mengobati masuk angin 

Janganlah abaikan yang namanya masuk angin, apabila dibiarkan efeknya dapat sangat buruk bagi kesehatan. Apabila anda merasakan masuk angin cobalah minum air rebusan daun kumis kucing untuk membantu penyembuhan. 

3. Menghilangkan keputihan 

Keputihan merupakan seputar masalah organ kewanitaan yang sering terjadi. Keputihan biasanya disebabkan karena infeksi jamur atau bakteri pada bagian kewanitaan. Dan bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani, apabila keputihan dibiarkan saja dapat terjadinya kanker serviks. Untuk mengatasinya anda bisa minum air rebusab daun kumis kucing yang dicampur dengan daun beluntas, kemukus dan teh jintan hitam. 

4. Mengobati batuk 

Penyakit ini datang tidak mengenal waktu dan dapat menyerang siapa saja. Banyak sekali faktor yang dapat mengakibatkan batuk. Pada umumnya batuk dibagi menjadi dua yaitu batuk kering dan juga batuk berdahak. Minumlah air rebusan daun kumis kucing 3 kali sehari dengan takaran 1 gelas. 

5. Mengobati sakit pinggang 

Sakit pinggang sering dirasakan oleh orang yang sudah menginjak usia lanjut, karena kurangnya mineral tulang jadi aktivitas berat dapat menjadi salah satu penyebabnya. Anda dapat memanfaatka daun kumis kucing untuk membantu meredakannya. 


No comments:

Post a Comment

Tentang Mis Informasi

Mis Informasi merupakan blog yang dibuat agar bisa menambah pengetahuan khususnya untuk penulis dan umumnya untuk orang yang membaca tulisan - tulisan di blog ini.