Thursday, January 24, 2019

5 Manfaat daun kemangi yang belum kalian ketahui

Bagi masyarakat indonesia, daun kemangi lebih terkenal sebagai lalapan. Karena dikenal sebagai lalapan, banyak orang yang belum mengetahui bahwa daun kemangi mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat daun kemangi yang orang ketahui hanya sekedar pada penggunaanya saja, pada berbagai macam kuliner dan mereka tidak mengetahui manfaat daun kemangi yang mendalam, seperti manfaat daun kemangi untuk kesehatan. Daun kemangi secara empiris telah digunakan untuk pengobatan tradisioanal untuk berbagai masalah kesehatan. Baik di neraga indonesia mauoun dinegara-negara lainnya. 

 
Berikut manfaat daun kemangi untuk kesehatan:

1. Memelihara kesehatan jantung
Manfaat daun kemangi yang pertama yaitu membantu memelihara jantung. Daun kemangi ini kaya akan megnesium dan betakaroten, mineral penting yang berfungsi memelihara dan menjaga kesehatan jantung. Maka, selain berolahraga dengan teratur dan menjaga pola makan yang sehat, mengkonsumsi daun kemangi secara rutin juga dipercaya dapat memperkuat jantung anda.

2. Menambah selera makan
Aroma yang terdapat pada daun kemangi memang mengandung selera makan. Jadi , wajar saja jika banyak orang yang mengkonsumsi daun kemangi sebagai campuran pepes, lalapan, karedok. Manfaat daun kemangi dapat menambah selera makan dan membuat makan menjadi lahap, karena aroma khas pada daun kemangi.

3. Mencegah bau mulut dan bau badan
Manfaat daun kemangi yang lainya yaitu menegah bau mulut dan juga bau badan. Jika anda tidak suka dengan baunya apabila harus disantap langsung, anja juga dapat membuat perasan daun kemangi yang dicampur dengan daun beluntas dan kunyit. Minumlah secara rutin setiap hari.

4. Sebagai minyak pijat
Daun kemangi juga bisa digunakan sebagai bahan memijat. Daun kemangi dapat disuling karena banyak mengandung minyak atsir dimana aroma daun kemangi akan hilang dalam jangka waktu 24 jam setelah dioleskan pada tubuh. Minyak atsiri tersebut dapat membuat tubuh lebih terasa segar dan meringankan rasa sakit sehingga sangat baik digunakan untuk minyak pijat.

5. Menyehatkan otak
Menurunya kemampuan kognitif telah menjadi permasalahan besar bagi para lansia saat ini. Namun, seorang penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi daun kemangi sangat membantu dalam pencegahan dedradasi kognitif. Daun kemangi mempunyai kandungan mineral seperti mangan, yang dapat membantu peningkatan aktivitas pemancar elektronik pada otak. Aktivitas inilah yang dikaitkan dengan refleks mental , dan juga mengandung tembaga yang bisa membantu merangsang pikiran dan meningkatkan fungsinya.



No comments:

Post a Comment

Tentang Mis Informasi

Mis Informasi merupakan blog yang dibuat agar bisa menambah pengetahuan khususnya untuk penulis dan umumnya untuk orang yang membaca tulisan - tulisan di blog ini.