Monday, January 28, 2019

Cara praktis membuat pepes tahu yang enak

Pepes tahu adalah menu masakan yang praktis dan mudah untuk dibuat. Biasanya pepes menggunakan bahan dasar ikan, namun anda juga bisa membuat pepes dengan bahan yang lainya seperti tahu. Tahu memang memang identik dengan sumber protein nabati yang sehat. Peper tahu tentu saja menjadi salah satu cara baru untuk menikmati gizi pada tahu. 


Pepes tahu tidak sesulit pepes ikan yang harus menggunakan ikan yang sudah dibersihkan bahkan dikukus terlebih dahulu. Pepes tahu cukup menggunakan tahu yang sudah dihaluskan dan diberi bumbu yang lebih sederhana. Pepes tahu sangat cocok sebagai pelengkap hidangan anda. Pepes tahu juga bisa dihidangkan dengan sayur bening dan juga sambal. Anda juga dapat menambahkan sayuran langsung didalam daun pisang sebagai pelengkap gizi pada pepes tahu. Berikut cara membuat pepes tahu: 

Bahan-bahan: 

1. Bawang merah 6 siung 

2. Bawang putih 3 siung 

3. Daun bawang 2 batang, cincang 

4. Tahu putih 1 balok, cuci bersih 

5. Cabe merah besar 2 buah, buang bijinya 

6. Cabai keriting 3 buah 

7. Garam 1 sendok teh 

8. Gula 1 sendok teh 

9. Daun pisang 10 lembar 

Cara membuat 

1. Haluskan bumbu dasar yang terdiri bawang pitih, bawang merah, cabai keriting, cabai merah besar, sampai halus , tambahkan gula dan garam pada proses penggilingan, lalu sisihkan. 

2. Potong tahu dengan ukuran dadu besar, masukan ke dalam wadah 

3. Haluskan tahu baluk sampai halus, kemudiantambahkan daun bawang 

4. Masukan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, aduk secara merata 

5. Bungkus adonan pepes menggunakan daun pisang, caranya yaitu bungkus daun pisang seperti gulungan, rekatkan salah satu sisinya dengan lidi, masukan adonan pepes tahu dan tambahkan satu lembar daun salam pada masing-masing gulungan. Pastikan daun yang digunakan tidak sobek atau bocor agar adonan tidak rembes. Ulangi proses tersebut hingga adonan habis. 

6. Masukan air pada panci kukus kemudian rebus hingga mendidih, kukus pepes tahu kurang lebih selama 20-30 menit, angkat dan dinginkan 

7. Buka gulungan daun pisang, sajikan pepes tahu pada piring saji dan pepes tahu siap di nikmati.

No comments:

Post a Comment

Tentang Mis Informasi

Mis Informasi merupakan blog yang dibuat agar bisa menambah pengetahuan khususnya untuk penulis dan umumnya untuk orang yang membaca tulisan - tulisan di blog ini.